Minggu, 08 April 2012

Israel Tunda Serang Iran Hingga 2013

Rabu, 04 April 2012, 12:54 WIB
blogspot
Israel Tunda Serang Iran Hingga 2013
Israel dan Iran
REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV - Pejabat pertahanan Israel mengklaim sanksi yang diberikan terhadap Iran mulai menunjukkan hasil. Karenanya ia dan pejabat militer Israel lainnya memperkirakan, konfrontasi militer ini akan tertunda hingga 2013 mendatang.

"Aksi militer Israel direncanakan tahun ini, tetapi kemungkinan tertunda hingga 2013 mendatang," kata pejabat militer yang tidak mau disebutkan namanya seperti dilansir Jerusalempost, Rabu (4/4).

Dikatakannya, Israel saat ini sedang menunggu hasil negosiasi nuklir antara Iran dan P5 +1 yang terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman, Rusia dan Cina, pada pertengahan April mendatang. "Kami harus menunggu efeknya sanksi dan diplomasi terhadap Iran, dan kemudian baru akan diputuskan," sebut dia.

Pada Selasa (3/4), Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengakui sanksi telah menyengsarakan Iran. Tetapi Netanyahu juga belum memastikan secara jelas, apakah sanksi tersebut juga akan berhasil menghentikan Teheran mengembangkan senjata nuklir.

Badan intelijen Barat dan Israel mengklaim, telah melacak program pengayaan uranium Iran. Amerika, barat dan Israel menuduh Iran telah berhasil merakit perangkat senjata nuklir yang diperintahkan langsung Pemimpin Tertinggi Republik Islam Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Bahkan, para pejabat intelijen Israel dan AS menyuarakan keyakinan, Iran telah mencapai tahap pembuatan senjata nuklir.

Mantan Kepala Mossad, Meir Dagan baru-baru ini mengatakan, Iran telah memperkaya uranium ke tingkat 90 persen. Karenanya, Israel perlu menghentikan aksi Iran ini dengan menggunakan kekuatan militer.



ADD TWITTER   : @nieltepoe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar